Ilmu komputer mulai muncul sebagai bidang yang berbeda di tahun 1940-an dan 1950-an dengan perkembangan pertama komputer digital elektronik. Penciptaan nya tercermin dari beberapa faktor bertepatan dengan perkembangan teori komputasi pada tahun 1930 dan 1940-an, keberadaan aplikasi komputasi yang menarik (dimulai dengan adanya kebutuhan seperti code breaking dan perhitungan lintasan artileri), dan ketersediaan komponen elektronik yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan komputer untuk aplikasi tersebut. Sejumlah matematikawan, insinyur, ekonom, dan fisikawan mengalihkan perhatian mereka menguasai dan meningkatkan kemampuan alat novel ini. Tapi komputer terbukti begitu kuat dan menyerap, begitu menarik dan terbuka, dan begitu unik menantang bahwa banyak dari orang-orang ini menyadari, satu dekade kemudian, bahwa mereka sebenarnya sudah meninggalkan disiplin asli mereka dan merintis bidang baru.
Ilmu komputer mencakup pertanyaan mulai dari sifat-sifat perangkat elektronik dengan karakter pemahaman manusia, dari individu yang dirancang komponen secara global sistem terdistribusi, dan dari murni teoritis untuk yang sangat pragmatis. Metode penelitian yang Sejalan inklusif, yang mencakup teori, analisis, eksperimentasi, konstruksi, dan pemodelan. Ilmu komputer mencakup penelitian dasar yang berupaya pemahaman dasar fenomena komputasi, seperti baik penelitian sebagai terapan. Keduanya sering digabungkan; bergulat dengan masalah-masalah praktis menginspirasi wawasan mendasar. Mengingat luasnya ini dan keragaman, diskusi yang berikut tidak bertujuan untuk secara eksplisit atau komprehensif yang hensively mendefinisikan ilmu komputer atau untuk katalog semua bidang penelitian. (Memang, upaya tersebut pasti akan rawan bawah dalam mengklasifikasikan subdisiplin dari lapangan dan menyatakan kegiatan interdisipliner sebagai "dalam" atau "Diluar.") Sebaliknya, pendekatan ini untuk menunjukkan dan menggambarkan penting karakter lapangan melalui sampling topik representatif.
APAKAH ILMU KOMPUTER ITU?
Ilmu komputer adalah pembelajaran komputer dan apapun yang komputer kerjakan kekuatan dan batasan yang bersatu padu dari komputer abstrak, desain dan karakteristik dari komputer nyata, dan aplikasi komputer yang tidak terhitung jumlahnya untuk menyelesaikan masalah. Ilmuwan komputer mencari untuk mengerti bagaimana merepresentasikan dan memberi alasan tentang proses dan informasi. Mereka menciptakan bahasa untuk merepresentasikan fenomena ini dan mengembangkan metode untuk menganalisis dan menciptakan fenomena. Mereka menciptakan abstraksi, termasuk abstraksi yang mereka sendiri gunakan untuk menyusun, memanipulasi, dan merepresentasikan abstraksi yang lainnya. Mereka mempelajari representasi simbolik, implementasi, manipulasi, dan komunikasi informasi. Mereka menciptakan, mempelajari, melakukan percobaan, dan mengembangkan sistem komputasi dan informasi dunia nyata-artifak kerja hardware dan software yang berwujud kemampuan komputer. Mereka mengembangkan model, metode, dan teknologi untuk membantu mendesain, merealisasi, dan mengoperasikan artifak-artifak ini. Mereka memperkuat suara intelektual manusia melalui otomasi tugas-tugas yang dihafal tanpa pikir dan konstruksi kemampuan-kemampuan baru.
Hardware dan software komputer telah menjadi pusat pada ilmu komputer semenjak awal munculnya dulu. Namun demikian, ilmu komputer juga meliputi pembelajaran dan aplikasi prinsip serta teori yang lebih umum yang berakar pada atau dimotivasi oleh hardware dan software. Oleh karena itu, ilmu komputer telah datang untuk meliputi topik-topik yang dulu merupakan bagian disiplin ilmu lain yang terpisah, seperti matematika, yang aslinya dimotivasi oleh pertanyaan informasi komputer dan konseptual-menjalankan tugas-tugas seperti prosesing bahasa alamiah. Penelitian ilmu komputer sering terjalin intim dengan aplikasi, karena kebutuhan untuk memecahkan masalah-masalah praktis yang membawa kepada terobosan-terobosan teori yang baru.
Esai-esai yang terkumpul pada volume ini mengelaborasi pada contoh-contoh penting hasil penelitian komputer, yang meliputi:
Kemajuan penelitian ilmu komputer telah sangat menyentuh kehidupan kita sebagaimana kita bekerja, belajar, bermain dan berkomunikasi. Walaupun ilmu komputer adalah ilmu yang relative muda, yang lahir pada tujuh decade terakhir, langkah inovasi di dalamnya sudah luar biasa. Yang dulu komputer hanya digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan rahasia, mahal dan khusus, sekarang nampaknya komputer bisa digunakan untuk apa saja. Aplikasi dan teknologi yang sekarang merupakan peralatan tetap dalam banyak kehidupan dan pekerjaan manusia (seperti otomasi kantor, e-commerce, dan mesin pencari) tidak lagi eksis atau hampir dapat dilihat satu dekade yang lalu. PC sendiri pertama kali diperkenalkan kurang dari tiga dekade yang lalu, tetapi kebanyakan pekerja kantoran sekarang menggunakan PC sebagai hal yang biasa, dan setengah dari rumah tangga di Amerika mempunyai sedikitnya satu PC. Komputer merupakan pusat operasi sehari-hari bank,gedung perdagangan perantara, maskapai penerbangan, sistem telepon, dan supermarket. Bahkan banyak komputer yang bersembunyi pada telepon genggam, PDA, dan mobil; contohnya, mobil pasaran menengah yang didalamnya terdapat seuah jaringan dan selusin prosesor. Seiring ukuran dan harga hardware komputer menurun, komputer akan berlanjut untuk berkembang lebih luas lagi (lihat Hill pada Bab 2). Semua komputer-komputer ini telah menyediakan masyarakat keuntungan sosial dan ekonomi yang besar bahkan saat mereka menemui tantangan baru untuk kebijakan public dan organisasi sosial.
Kemajuan dalam ilmu komputer juga telah membawa perubahan yang fundamental pada banyak disiplin keahlian teknik dan ilmiah, misalnya memudahkan penghitungan numerik yang kompleks yang tidak mungkin dikerjakan dengan tangan. Ilmu komputer telah menyediakan peralatan yang berfungsi tinggi untuk mengontrol eksperimen, mengumpulkan, bertukar dan menganalisis data, percontohan dan simulasi dan untuk berbagi informasi ilmiah. Tentu saja, menemukan struktur data yang benar atau algoritma dapat merevolusi cara seorang ilmuwan memikirkan masalah. Contohnya, ilmu komputer algoritma membuatnya mungkin untuk menggabungkan sejumlah besar data dari rangkaian mesin ketika DNA manusia dirangkaikan. Pada tahun belakangan ini, dalam merefleksikan pusat informasi pada pekerjaan ilmiah , komputer juga telah mengambil peranan penting dalam banyak disiplin ilmu yang lain; Ayers( pada Bab 5) contohnya, mendiskusikan cara-cara dimana para sejarawan menggunakan komputer. Paradigma komputasional pada ilmu komputer telah membentuk model perolehan yang baru di bidang yang lain, seperti DNA manusia dan ilmu biologi lainnya.
Satu motor penggerak dalam inovasi ilmu komputer adalah penggandaan dari capaian hardware yang telah kita lihat setiap satu setengah sampai dua tahun ( lihat Hill pada Bab 2). Yang lain adalah penemuan dari banyaknya aplikasi-aplikasi komputer yang baru, yang penciptaannya dibuat oleh fleksibilitas software yang luar biasa. Aplikasi-aplikasi komputer sebagian besar hanya dibatasi oleh imajinasi manusia, wlaupun ada batasan-batasan yang fundamental pada apa yang dapat dikomputasi dan adanya tantangan-tantangan keahlian teknik yang signifikan dalam membangun sistem yang kompleks.
Volume ini mengeksplorasi penelitian ilmu komputer, menekankan pada bagaimana penelitian membawa baik kepada pengertian komputasi secara mendalam dan banyaknya aplikasi praktis. Banyak penelitian lainnya telah merayakan pencapaian ilmu komputer atau prediksi yang ditawarkan tentang arah/petunjuk masa depan. Penekanan pada volume ini adalah pada mengapa dan bagaimana ilmuwan-ilmuwan komputer melakukan penelitiannya.
Bagian Dua dari volume ini terdiri dari serangkaian esai yang ditulis perorangan yang menyediakan contoh-contoh perspektif pada beberapa bidang penelitian ilmu komputer. Ini dimaksudkan untuk memberikan contoh pengamatan-pengamatan yang dibuat pada bab ini dan mengilustrasi beberapa selera dari ilmu komputer.
Bab ini secara panjang lebar mempertimbangkan karakter esensial dari ilmu komputer ( apa yang ilmu komputer teliti,rancang, dan ciptakan?), dan metode-metodenya dan cara penelitian (bagaimana ilmuwan komputer mendekati permasalahan> metode apa yang mereka gunakan? dan tipe hasil penelitian yang didapat?) Diskusi dibawah ini menguraikan tujuh tema utama tanpa berusaha menyebutkan satu demi satu semua sub bidang penelitian dalam ilmu komputer, untuk menentukan agenda penelitian, atau untuk mendefinisikan batasan-batasan dari ilmu komputer.
KARAKTERISTIK YANG MENONJOL DARI PENELITIAN ILMU KOMPUTER
Karakter penelitian muncul dari fenomena yang dia cari untuk mengerti dan memanipulasi bersama dengan jenis-jenis pertanyaan yang disiplin ini cari untuk menjawab fenomena-fenomena ini. Bagian ini mengidentifikasi fenomena dan tantangan intelektual yang berpusat pada ilmu komputer, mendeskripsikan ide-ide kunci dan pekerjaan mengidentifikasi yang telah membantu untuk mengembangkan ide-ide tersebut. Tema yang luas ini (dirangkum dalam Kotak 1.1), lebih abadi daripada penemuan topik-topik terbaru, melukiskan ide-ide inti yang berhubungan dengan ilmu komputer.
Penelitian Ilmu Komputer Melibatkan Simbol Dan Manipulasinya
Dua dari teknik fundamental dalam penelitian ilmu komputer adalah manipulasi dari informasi discrete dan representasi simbolis. Beberapa informasi adalah discrete seperti uang. Perkiraan discrete memudahkan setiap informasi direpresentasikan dalam komputer oleh serangkaian bits ( 0 atau 1). Link Presentasi : KARAKTER PENTING ILMU KOMPUTER
Ilmu komputer mencakup pertanyaan mulai dari sifat-sifat perangkat elektronik dengan karakter pemahaman manusia, dari individu yang dirancang komponen secara global sistem terdistribusi, dan dari murni teoritis untuk yang sangat pragmatis. Metode penelitian yang Sejalan inklusif, yang mencakup teori, analisis, eksperimentasi, konstruksi, dan pemodelan. Ilmu komputer mencakup penelitian dasar yang berupaya pemahaman dasar fenomena komputasi, seperti baik penelitian sebagai terapan. Keduanya sering digabungkan; bergulat dengan masalah-masalah praktis menginspirasi wawasan mendasar. Mengingat luasnya ini dan keragaman, diskusi yang berikut tidak bertujuan untuk secara eksplisit atau komprehensif yang hensively mendefinisikan ilmu komputer atau untuk katalog semua bidang penelitian. (Memang, upaya tersebut pasti akan rawan bawah dalam mengklasifikasikan subdisiplin dari lapangan dan menyatakan kegiatan interdisipliner sebagai "dalam" atau "Diluar.") Sebaliknya, pendekatan ini untuk menunjukkan dan menggambarkan penting karakter lapangan melalui sampling topik representatif.
APAKAH ILMU KOMPUTER ITU?
Ilmu komputer adalah pembelajaran komputer dan apapun yang komputer kerjakan kekuatan dan batasan yang bersatu padu dari komputer abstrak, desain dan karakteristik dari komputer nyata, dan aplikasi komputer yang tidak terhitung jumlahnya untuk menyelesaikan masalah. Ilmuwan komputer mencari untuk mengerti bagaimana merepresentasikan dan memberi alasan tentang proses dan informasi. Mereka menciptakan bahasa untuk merepresentasikan fenomena ini dan mengembangkan metode untuk menganalisis dan menciptakan fenomena. Mereka menciptakan abstraksi, termasuk abstraksi yang mereka sendiri gunakan untuk menyusun, memanipulasi, dan merepresentasikan abstraksi yang lainnya. Mereka mempelajari representasi simbolik, implementasi, manipulasi, dan komunikasi informasi. Mereka menciptakan, mempelajari, melakukan percobaan, dan mengembangkan sistem komputasi dan informasi dunia nyata-artifak kerja hardware dan software yang berwujud kemampuan komputer. Mereka mengembangkan model, metode, dan teknologi untuk membantu mendesain, merealisasi, dan mengoperasikan artifak-artifak ini. Mereka memperkuat suara intelektual manusia melalui otomasi tugas-tugas yang dihafal tanpa pikir dan konstruksi kemampuan-kemampuan baru.
Hardware dan software komputer telah menjadi pusat pada ilmu komputer semenjak awal munculnya dulu. Namun demikian, ilmu komputer juga meliputi pembelajaran dan aplikasi prinsip serta teori yang lebih umum yang berakar pada atau dimotivasi oleh hardware dan software. Oleh karena itu, ilmu komputer telah datang untuk meliputi topik-topik yang dulu merupakan bagian disiplin ilmu lain yang terpisah, seperti matematika, yang aslinya dimotivasi oleh pertanyaan informasi komputer dan konseptual-menjalankan tugas-tugas seperti prosesing bahasa alamiah. Penelitian ilmu komputer sering terjalin intim dengan aplikasi, karena kebutuhan untuk memecahkan masalah-masalah praktis yang membawa kepada terobosan-terobosan teori yang baru.
Esai-esai yang terkumpul pada volume ini mengelaborasi pada contoh-contoh penting hasil penelitian komputer, yang meliputi:
- Tesis The Universal Turing Machine and the Church-Turing , yang menyediakan sebuah teori penyokong untuk memhami komputer (lihat Kleinberg dan Papadimitriou pada Bab 2)
- Program-program komputer yang mencapai, melebihi, atau meningkatkan level pencapaian manusia dalam menantang pekerjaan-pekerjaan intelektual (lihat Koller dan Bierman dan juga Mitchell pada Bab 6)
- Teori algoritma – Prosedur dari ungkapan-ungkapan formal – yang memisahkan tingkah laku algoritmik dari kode spesifisik yang mengimplementasikan (Lihat Kleinberg and Papadimitriou pada Bab 2)
- Bahasa programming yang merupakan notasi dan dirancang secara khusus untuk merepresentasikan proses-proses komputasi, atau bagaimana segala sesuatu terjadi. (lihat Aho and Larus pada Bab 4)
- Model relasi data, yang menyediadakn sebuah cara yang sistematik untuk megekpresikan/emngungkapkan hubungan yang komplek dianatara data dan merevolusi industry database dan menyediakan basis untuk hampir semua urusan komputerisasi. (lihat Gray pada Bab 5)
- Internet, sebuah sistem yang dapat diandalkan yang diciptakan dari bagian-bagian yang tidak dapat diandalkan yang terdefinisi sebagai sebuah abstraksi sederhana bertujuan umum dari sebuah jaringan paket dimana sejumlah aplikasi dapat dibangun (lihat Peterson dan Clark pada Bab 7);
- Simulasi, yang merupakan pembelajaran dan visualisasi baik dari fenomena alam maupun buatan manusia (lihat Fedkiw pada Bab 3)
- Sistem software yang mengijinkan para non-ahli komputer untuk menggunakan komputer (lihat Foley dan juga Ullman pada Bab 8).
Kemajuan penelitian ilmu komputer telah sangat menyentuh kehidupan kita sebagaimana kita bekerja, belajar, bermain dan berkomunikasi. Walaupun ilmu komputer adalah ilmu yang relative muda, yang lahir pada tujuh decade terakhir, langkah inovasi di dalamnya sudah luar biasa. Yang dulu komputer hanya digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan rahasia, mahal dan khusus, sekarang nampaknya komputer bisa digunakan untuk apa saja. Aplikasi dan teknologi yang sekarang merupakan peralatan tetap dalam banyak kehidupan dan pekerjaan manusia (seperti otomasi kantor, e-commerce, dan mesin pencari) tidak lagi eksis atau hampir dapat dilihat satu dekade yang lalu. PC sendiri pertama kali diperkenalkan kurang dari tiga dekade yang lalu, tetapi kebanyakan pekerja kantoran sekarang menggunakan PC sebagai hal yang biasa, dan setengah dari rumah tangga di Amerika mempunyai sedikitnya satu PC. Komputer merupakan pusat operasi sehari-hari bank,gedung perdagangan perantara, maskapai penerbangan, sistem telepon, dan supermarket. Bahkan banyak komputer yang bersembunyi pada telepon genggam, PDA, dan mobil; contohnya, mobil pasaran menengah yang didalamnya terdapat seuah jaringan dan selusin prosesor. Seiring ukuran dan harga hardware komputer menurun, komputer akan berlanjut untuk berkembang lebih luas lagi (lihat Hill pada Bab 2). Semua komputer-komputer ini telah menyediakan masyarakat keuntungan sosial dan ekonomi yang besar bahkan saat mereka menemui tantangan baru untuk kebijakan public dan organisasi sosial.
Kemajuan dalam ilmu komputer juga telah membawa perubahan yang fundamental pada banyak disiplin keahlian teknik dan ilmiah, misalnya memudahkan penghitungan numerik yang kompleks yang tidak mungkin dikerjakan dengan tangan. Ilmu komputer telah menyediakan peralatan yang berfungsi tinggi untuk mengontrol eksperimen, mengumpulkan, bertukar dan menganalisis data, percontohan dan simulasi dan untuk berbagi informasi ilmiah. Tentu saja, menemukan struktur data yang benar atau algoritma dapat merevolusi cara seorang ilmuwan memikirkan masalah. Contohnya, ilmu komputer algoritma membuatnya mungkin untuk menggabungkan sejumlah besar data dari rangkaian mesin ketika DNA manusia dirangkaikan. Pada tahun belakangan ini, dalam merefleksikan pusat informasi pada pekerjaan ilmiah , komputer juga telah mengambil peranan penting dalam banyak disiplin ilmu yang lain; Ayers( pada Bab 5) contohnya, mendiskusikan cara-cara dimana para sejarawan menggunakan komputer. Paradigma komputasional pada ilmu komputer telah membentuk model perolehan yang baru di bidang yang lain, seperti DNA manusia dan ilmu biologi lainnya.
Satu motor penggerak dalam inovasi ilmu komputer adalah penggandaan dari capaian hardware yang telah kita lihat setiap satu setengah sampai dua tahun ( lihat Hill pada Bab 2). Yang lain adalah penemuan dari banyaknya aplikasi-aplikasi komputer yang baru, yang penciptaannya dibuat oleh fleksibilitas software yang luar biasa. Aplikasi-aplikasi komputer sebagian besar hanya dibatasi oleh imajinasi manusia, wlaupun ada batasan-batasan yang fundamental pada apa yang dapat dikomputasi dan adanya tantangan-tantangan keahlian teknik yang signifikan dalam membangun sistem yang kompleks.
Volume ini mengeksplorasi penelitian ilmu komputer, menekankan pada bagaimana penelitian membawa baik kepada pengertian komputasi secara mendalam dan banyaknya aplikasi praktis. Banyak penelitian lainnya telah merayakan pencapaian ilmu komputer atau prediksi yang ditawarkan tentang arah/petunjuk masa depan. Penekanan pada volume ini adalah pada mengapa dan bagaimana ilmuwan-ilmuwan komputer melakukan penelitiannya.
Bagian Dua dari volume ini terdiri dari serangkaian esai yang ditulis perorangan yang menyediakan contoh-contoh perspektif pada beberapa bidang penelitian ilmu komputer. Ini dimaksudkan untuk memberikan contoh pengamatan-pengamatan yang dibuat pada bab ini dan mengilustrasi beberapa selera dari ilmu komputer.
Bab ini secara panjang lebar mempertimbangkan karakter esensial dari ilmu komputer ( apa yang ilmu komputer teliti,rancang, dan ciptakan?), dan metode-metodenya dan cara penelitian (bagaimana ilmuwan komputer mendekati permasalahan> metode apa yang mereka gunakan? dan tipe hasil penelitian yang didapat?) Diskusi dibawah ini menguraikan tujuh tema utama tanpa berusaha menyebutkan satu demi satu semua sub bidang penelitian dalam ilmu komputer, untuk menentukan agenda penelitian, atau untuk mendefinisikan batasan-batasan dari ilmu komputer.
KARAKTERISTIK YANG MENONJOL DARI PENELITIAN ILMU KOMPUTER
Karakter penelitian muncul dari fenomena yang dia cari untuk mengerti dan memanipulasi bersama dengan jenis-jenis pertanyaan yang disiplin ini cari untuk menjawab fenomena-fenomena ini. Bagian ini mengidentifikasi fenomena dan tantangan intelektual yang berpusat pada ilmu komputer, mendeskripsikan ide-ide kunci dan pekerjaan mengidentifikasi yang telah membantu untuk mengembangkan ide-ide tersebut. Tema yang luas ini (dirangkum dalam Kotak 1.1), lebih abadi daripada penemuan topik-topik terbaru, melukiskan ide-ide inti yang berhubungan dengan ilmu komputer.
Penelitian Ilmu Komputer Melibatkan Simbol Dan Manipulasinya
Dua dari teknik fundamental dalam penelitian ilmu komputer adalah manipulasi dari informasi discrete dan representasi simbolis. Beberapa informasi adalah discrete seperti uang. Perkiraan discrete memudahkan setiap informasi direpresentasikan dalam komputer oleh serangkaian bits ( 0 atau 1). Link Presentasi : KARAKTER PENTING ILMU KOMPUTER
Comments
Post a Comment